Tahun Ini Kepemilikan Akta Kelahiran Tuntas

YOGYA (KRjogja.com) – Kepemilikan akta kelahiran bagi warga Kota Yogya ditargetkan tuntas atau mencapai 100 persen pada Desember tahun ini. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogya bakal mengintensifkan jemput bola usai libur Lebaran.

Kepala Dindukcapil Kota Yogya, Sisruadi mengungkapkan, capaian hingga paruh tahun sudah menembus 91 persen, sementara target nasional masih 85 persen. "Program jemput bola tidak lagi di kecamatan, tapi menjamah hingga tiap kelurahan supaya lebih mudah dijangkau masyarakat," tandasnya, Minggu (10/07/2016).

Jumlah penduduk usia 0-18 tahun tercatat sekitar 118 ribu orang. Dari jumlah itu, yang sudah memiliki akta kelahiran pada awal tahun sekitar 104 ribu orang atau 88 persen. Oleh karena itu, meski capaian hingga paruh tahun yang hanya meningkat 3 persen namun pihaknya tetap optimis hingga akhir tahun mampu genap 100 persen.

Sisruadi menambahkan, di tingkat kota se Indonesia, Kota Yogya berada di urutan kesembilan atas capaian kepemilikan akta kelahiran. Sedangkan untuk tingkat provinsi, DIY menempati urutan kedua nasional. "Kami optimis, target tersebut bisa tercapai. Semua anak di Kota Yogya harus memiliki dokumen tersebut karena dokumen ini sangat penting. Tanpa akta kelahiran, artinya warga itu dianggap tidak ada," imbuhnya.

Proses pembuatan akta kelahiran, lanjut Sisruwadi, sudah sangat dimudahkan. Hal ini karena tidak lagi didasarkan pada asas peristiwa atau tempat kelahiran, tetapi didasarkan pada asas domisili. Selain itu, permohonan akta kelahiran di Kota Yogya juga sudah dilayani secara online sehingga akan lebih memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya.(Dhi)

 

BERITA REKOMENDASI