Tak Ada Pungutan Biaya Seleksi Calon Taruna AAL

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya menegaskan tak ada pungutan biaya bagi para peserta seleksi penerimaan Calon Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Calon Bintara (Caba) Prajurit Karier (PK) Pria maupun Wanita pada Panitia Daerah (Panda) Lanal Yogyakarta. Bilamana ada pihak yang memanfaatkan momentum pendaftaran ini untuk melakukan pungutan maka ia meminta untuk segera melaporkannya ke Lanal Yogyakarta.

“Selama pelaksanaan tes semua calon tidak dipungut biaya. Bila mana ada yang mencoba memanfaatkan situasi, meminta dana maka harus diabaikan. Bila ada pihak yang memaksa agar dilaporkan pihak berwajib, segera laporkan ke Lanal,” tegasnya di Mako Lanal Yogyakarta, Sabtu (05/05/2018).

Lulus atau tidaknya seorang calon, ditegaskannya murni karena kemampuan baik fisik maupun mental serta hasil tes dari peserta itu sendiri. Bilamana sudah berusaha keras namun tetap tidak lulus, maka hendaknya para peserta segera melakukan evaluasi sendiri terhadap apa kekurangan yang dimilikinya.

Ditegaskan Arya Delano, panitia akan bersikap transparan dalam seleksi ini dimana panitia berasal dari Mabes TNI AL. “Kemampuan menjadi seorang militer ditentukan dari diri sendiri, tidak usah membawa nama orang lain,” tegasnya lagi.

Dalam upaya memberikan wawasan dan motivasi mengikuti tes seleksi penerimaan Prajurit TNI Angkatan Laut, Danlanal memberikan pembekalan kepada peserta tes seleksi. Kegiatan dilaksanakan di lapangan apel, Mako Lanal Yogyakarta, Rabu (02/05/2018).

Sementar apada Jumat (04/05/2018) kemarin telah dimulainya pelaksanaan tes seleksi oleh Tim Panda II Lapetal dengan Ketua Tim Letkol Laut (E) Bronto Widodo beserta 15 personel yang diikuti calon taruna AAL pria 74 orang, wanita 10 orang, calon Caba PK pria 498 orang dan wanita 151 orang. Tes seleksi dilaksanakan kampus Akademi Maritim Yogyakarta Jalan Magelang Km 4.4 Sinduadi Sleman Yogyakarta. (Van)

BERITA REKOMENDASI