Tak Perlu ke Jepang, Di Yogya Ada Seni Lukis Sawah

SAAT ini banyak bermunculan destinasi wisata yang berkonsep pesawahan. Bukan tanpa alasan karena sawah dapat menyegarkan mata baik padi sedang berwarna kuning ataupun hijau. Salah satu destinasi wisata yang cukup unik adalah Sawah Kreasi yang berada di Sleman, sawah disini dilukis sedemikian rupa sehingga memunculkan motif hewan. 

Seni melukis sawah atau yang dikenal dengan Tanbo Art berasal dari Jepang. Namun kini tidak perlu pergi jauh ke Jepang untuk melihat seni lukis sawah. Di Yogyakarta Juga ada seni lukis sawah tepatnya di dusun Bleber Lor Desa Sumberharjo Kecamatan Prambanan Sleman. Dari pusat Kota Jogja bisa ditempuh kurang lebih 40 menit lamanya, lokasinya berdekatan dengan Domes Teletubis. 

Fuad Nasir Al Falaq alumni program studi pariwisata UGM sang Inisiator Sawah Kreatif, mengatakan awalnya dia terinspirasi dari sawah lukis yang ada di Jepang. 

"Terinspirasi dari sawah lukis yang ada di Jepang awalnya, terus kenapa engga bikin kaya yang di Jepang,” ujarnya.

Awalnya Fuad hanya menggunakan sawah milik orang tuanya untuk dijadikan media lukis, tetapi sekarang dia bekerja sama dengan tetangganya untuk sawahnya dijadikan media lukis.  

Fuad menambahkan tiap musim padi gambar yang ada di sawah akan diganti, supaya pengunjung yang datang tidak akan merasa bosan. Kali ini sudah memasuki musim padi yang ketiga dengan dihiasi motif gambar kungfu panda, sebelumnya sawah ini dihiasi motif gambar bebek. Kedepannya Fuad mengatakan akan dibuat juga taman yang nantinya bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang. 

Pengunjung yang datang akan disuguhkan keindahan sawah yang sudah dilukis dengan motif gambar kungfu panda. Agar terlihat gambar kungfu panda yang bagus, pengunjung bisa melihat di Garfunkel pandang yang sudah disediakan. Untuk menikmati sawah lukis ini pengunjung hanya dikenakan 5 ribu peroang nya.

Ari (34) salah satu masyarakat sekitar sawah kreasi merespon positif dengan adanya sawah kreasi ini, Ari mengatakan sawah yang sudah dilukis ini bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain dari padinya. "Bagus sih, selain dapat uang dari padinya nanti juga dapat menambah penghasilan dari sisi wisata nya,” tuturnya. (Rizky Octavian) 

BERITA REKOMENDASI