Tak Punya Lahan, Warga Tejokusuman Upacara di Sungai

YOGYA (KRjogja.com) – Warga Tejokusuman RT 22 RW 04 Notoprajan Kota Yogyakarta menggelar upacara di sungai Winongo, Rabu (17/08/2016) pagi. Selain menanamkan rasa cinta tanah air, upacara tersebut sekaligus bentuk rasa memiliki sungai yang berbatasan langsung dengan wilayah kampung.

Ketua RT 22 Riyanta mengatakan warganya sengaja menggelar upacara di sungai lantaran tak lagi memiliki lahan kosong yang cukup luas. Padahal, warga antusias menghormati jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan.  "Kami tak punya pilihan lahan untuk upacara, padahal warga ingin menghormati jasa pahlawan. Akhirnya muncul ide upacara di sungai Winongo ini," ungkapnya.

Dia menjelaskan keterbatasan lahan yang membuat warga menggelar upacara di sungai juga sekaligus untuk menanamkan rasa memiliki terhadap sungai yang menjadi batas wilayah kawasan tersebut. "Kami hidup berdampingan dan sungai ini bagian dari rumah kami yang harus dijaga," lanjutnya.

Perwakilan 60 kepala keluarga yang ada di wilayah RT 22 ikut serta dalam upacara di sungai ini. Tak hanya itu anak-anak yang baru saja pulang upacara di sekolah juga langsung ikut serta dalam kegiatan yang baru kali pertama diadakan ini. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI