Talud Ambrol di Klitren Segera Diperbaiki

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah Kota Yogya melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) akan segera menangani kerusakan akibat terdampak bencana hidrometeorologi, terutama di kawasan Klitren dan Pringgokusuman. Beberapa talud di dua wilayah ini ambrol sehingga mengancam keselamatan warga. Penanganan di Klitren bakal segera dilakukan tahun ini, sedangkan di Pringgokusuman masuk dalam perencanaan ulang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogya Hari Setyawacana mengatakan, kebetulan pihaknya memiliki pekerjaan berupa penataan bantaran Kali Belik atau Manunggal. “Itu ada kegiatan lanjutan dari selatan. Kerusakan yang terjadi kemarin itu sudah masuk dalam perencanaan dan kini sedang kami ajukan untuk lelang. Jadi tahun ini akan kami tangani,” ujarnya.

Talut ambrol di Klitren memiliki panjang sekitar enam meter. Meski kondisi sungai cukup kecil namun ketika hujan deras volume airnya sangat besar. Akibat kejadian itu, ratusan rumah di wilayah RT 02, 03, dan 04 RW 01 Klitren Lor mengalami genangan air.

Untuk penanganan darurat, petugas BPBD Kota Yogya dan DPUPKP sudah mendistribusikan karung berisi pasir maupun terpal untuk penguatan. Hari menjelaskan, program penataan di bantaran Kali Manunggal tersebut berupa pembangunan jalan inspeksi yang lebih longgar serta fasilitas sanitasi.

Tahun lalu sudah dimulai dari sisi selatan namun terhenti karena keterbatasan anggaran. Tahun ini pun akan dilanjutkan kembali hingga tuntas atau menyasar lokasi talut ambrol. “Tadi kami sudah cek ke lokasi dan bisa dilakukan penanganan di tahun ini,” tandasnya.

Sedangkan di Pringgokusuman, bentuk kerusakan juga sama namun volume talut yang ambrol lebih luas, yakni sepanjang 10 meter dengan ketinggian 20 meter. Kejadian itu pun membahayakan rumah warga setempat sehingga direkomendasikan mengungsi untuk sementara waktu. Apalagi ada bagian rumah warga tersebut ikut ambrol hingga masuk ke Kali Winongo.

BERITA REKOMENDASI