Talud Bronjong Perkuat Bantaran Gajahwong

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sembari menanti datangnya distribusi material batu kali tiba di lokasi TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta wilayah Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo, para prajurit mempersiapkan membuat jaring kawat yang akan digunakan sebagai bahan pembuatan bronjong. Ratusan bronjong disiapkan prajurit untuk nantinya diisi dengan batu kali guna dijadikan sebagai talud untuk memperkuat bantaran Sungai Gajahwong.

Danramil 07 Umbulharjo, Mayor (Kav) Cecep menegaskan, distribusi batu kali tak pernah terlambat sampai di lokasi. Para prajurit berbagi tugas, yakni ada yang mempersiapkan pembuatan jaring kawat, ada yang bertugas mengisinya dengan batu kali, serta ada pula yang bertugas memasang bronjong yang telah jadi tersebut untuk dijadikan talud di bantaran Gajahwong.

“Jadi semua berjalan sesuai rencana dan tidak ada yang hambatan terkait material. Sejauh ini seluruh pengerjaan juga berjalan sesuai tahap yang telah direncanakan,” ungkapnya di Poskotis TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta, Selasa (27/03/2018).

Dikatakannya, dengan pembangunan talud sepanjang 86 meter di bantaran Sungai Gajahwong diharapkan nantinya dapat meminimalisir terjadinya ancaman banjir maupun tanah longsor. Penataan dan pembangunan disepanjang daerah aliran sungai (DAS) diwujudkan merupakan salah satu program utama dalam TMMD Reguler kali ini.

Pembuatan talud dengan metode bronjong dipilih para prajurit dalam membangun kawasan bibir sungai tersebut. Metode ini dinilai evektif dalam menahan longsor maupun gerusan air yang sangat deras akibat banjir. (Van)

BERITA REKOMENDASI