Talud Sungai Code Kawasan Prawirodirjan Longsor

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Talud Sungai Code di wilayah RT.59/RW.18 Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta longsor, Rabu (05/12/2018). Setidaknya tujuh bangunan di bantaran kali terdampak longsoran talud yang terjadi pada pagi hari sekitar pukul 05.30 WIB tersebut.

Parmi (48), salah seorang warga yang rumahnya berdekatan dengan talud Sungai Code mengungkapkan, dinding rumahnya mengalami retak-retak akibat kejadian itu. Ia beserta suami memilih mengungsi dan untuk sementara waktu tak menghuni rumah tersebut.

“Takut, apalagi masih hujan terus. Ya sudah pilih mengungsi saja. Belum tahu mau ke mana, apakah cari kontrakan atau ke rumah saudara. Penting tidak di sini dulu,” ungkapnya.

Semalam menurut Parmi, Balai RT yang mengalami rusak paling parah sedang digunakan warga untuk arisan rutin. Beruntung kejadian longsor tak terjadi semalam sehingga tidak ada korban akibat hal tersebut.

“Untung saja kejadiannya tidak semalam, karena ramai orang di balai RT ini. Bapak-bapak arisan, ramai orang,” sambungnya sembari menunjuk ke arah selatan tepat di sebelah rumahnya.

Ketua RW.18 Wikan Eko mengatakan talud yang longsor tersebut memang sudah berusia cukup tua lantaran dibangun pada periode 1980-an. Ia tak memungkiri talud tersebut sudah rapuh dan belum sempat diperbaiki.

“Dulu dibangun tahun 80-an dan baru kali ini longsor. Tadi pagi beruntung tidak ada aktivitas warga di lokasi kejadian sehingga tidak ada korban akibat kejadian tersebut,” tandasnya.

Hingga siang ini garis polisi masih terpasang di sepanjang lokasi kejadian. Jalan yang berada di sebelah barat lokasi kejadian juga ditutup untuk akses umum, meski sebenarnya merupakan jalur alternatif Surokarsan – Ireda. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI