Talud Sungai Gajahwong Solusi Atasi Banjir

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepala Kelurahan Pandeyan, Sulasmi mengungkapkankan pengarjaan yang dilakukan prajurit dalam membuat talud di Sungai Gajahwong diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi banjir di wilayahnya. Selama ini banjir memang menjadi problem utama saat hujan deras melanda kawasan Pandean. Jika pun kawasan ini tak hujan, namun saat ada kiriman banjir dari hulu Merapi maka dipastikan Gajahwong juga turut meluap.

“Dengan dibangunnya talud dalam TMMD ini rasa takut dan was-was kami sekarang sudah hilang. Semoga ini menjadi solusi dari permasalahan banjir yang ada di wilayah kami,” jelas Sulasmi, Sabtu (31/03/2018).

Kendati demikian lurah perempuan ini menegaskan, sebenarnya penyebab utama banjir bukan lah faktor dari alam melainkan bagaimana masyarakat memperlakukan sungai dan kawasan sekitarnya dengan baik. Kebiasaan membuang sampah di sungai maupun membangun rumah di sepanjang bantaran harus dihilangkan.

TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta yang secara resmi akan dibuka pada 4 Aprlim mendatang memilih Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo sebagai pusat kegiatan. Pembangunan talud sepanjang 86 meter di Gajahwong menjadi program utama pembangunan yang akan dilakukan. (Van)

BERITA REKOMENDASI