Tamansiswa Bimtek Nomor Pokok Yayasan Pendidikan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa (MLPTs) menyelenggarakan Bimbingan Teknik (Bimtek) bagi operator Nomor Pokok Yayasan Pendidikan (NPYP) Cabang Tamansiswa Seluruh Indonesia,Selasa (26/10/2021). Bimtek dengan zoom meeting berpusat di Gedung Data Kompleks Pendapa Tamansiswa Yogyakarta. Sebagai narasumber Ki Ngadiyana operator NPYP Tamansiswa Cabang Jetis Yogyakarta.

Menurut Panitera Harian MLPTs, Nyi Hermin Tri Prasetyowati MPd, bimtek tersebut merupakan yang ketiga kalinya. Pertama Agustus 2020, dan kedua Juni 2021. Menurut Nyi Hermin, bimtek ketiga pesertanya 28 operator NPYP. Menurutnya, semua operator NPYP dimasukkan dalam grup WA, untuk memudahkan pendampinan.

“Kami menyelenggarakan bimtek karena ada cabang yang kesulitan memproses NPYP, dan ada cabang yang belum melakukan verivikasi validasi NPYP,” kata Nyi Hermin. Menurutnya NPYP penting karena berkaitan dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pembukaan Bimtek secara virtual oleh Panitera Umum MLPTs Ki Dr Saur Panjaitan dari Tamansiswa Jakarta. Ki Saur Panjaitan berpesan agar semua peserta mengikuti dengan baik. NPYP penting karena berkaitan dengan Kemendikbudristek. Tamansiswa adalah yayasan pendidikan resmi yang tercatat di Kemendikbudristek.

Sementara Ki Ngadiyana sebagai narasumber menjelaskan yayasan harus menunjuk operator yayasan. Operator yayasan adalah petugas yang pengangkatannya oleh yayasan bukan oleh kepala sekolah. Ada beberapa cabang Tamansiswa yang mengalami kesulitan ketika memproses NPYP, di antaranya karena keliru menulis alamat yayasan. Harusnya penulisannya alamat tempat yayasan berada, bukan alamat Tamansiswa Yogyakarta sebagai yayasan pusat. (War)

BERITA REKOMENDASI