Tanam Pohon Meriahkan Puncak Hari Sepeda dan Lingkungan Hidup

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Puncak rangkaian even Hari Sepeda Internasional (3 Juni) dan Hari Lingkungan Hidup Internasional (5 Juni) yang digeber Sego Segawe Reborn dan Jogja Lebih Bike dilakukan dengan Deklarasi dan penanaman pohon, Minggu (12/6) pagi di komplek Taman Wisata Candi Prambanan.

“Dimulai Gerakan #PekanBersepeda, 5-11 Juni 2021 dengan mengajak masyarakat Yogya bersepeda membawa tema Wujudkan Sinergi Sepeda dan Lingkungan untuk Mendukung Ekowisata Jogja Istimewa,” tutur Ketua Pelaksana Herman Dody.

Disebutkan 50 lebih komunitas bersepeda berpartisipasi, dan tercatat lebih dari 1.000 peserta posting bersepeda di medsos dengan hastag @jogjalebihbike dan @segosegawereborn selama kegiatan. “Seluruh Pemkab/Pemkot dan Pemda DIY, Dinas terkait sangat mendukung,” ucap Dody.

Deklarasi Koalisi Sepeda Hijau menegaskan Yogyakarta sebagai daerah yang ramah pesepeda perlu dukungan infrastruktur, rasa aman dan nyaman, kota wisata sepeda yang inklusif dan ramah lingkungan. “Mari kita Sego Segawe demi menjaga kualitas udara di Yogyakarta untuk Jogja Lebih Bike,” ucap Dody membacakan deklarasi.

Selanjutnya penandatangan deklarasi oleh perwakilan berbagai elemen masyarakat penggagas even yang dihasiri 50an tamu undangan dengan disiplin prokes. Diantaranya Kadinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY Dr Ir Kuncoro Cahyo Aji MSi mewakili Gubernur DIY Sri Sultan HB X, mantan Walikota Yogya Penasihat Sego Segawe Reborn H Herry Zudianto SE Akt MM, Wakil Walikota Yogya Drs Heroe Poerwadi MA, perwakilan Kepala Daerah Pemkab/Pemkot se DIY, anggota DPRD, PHRI DIY dan lainnya.

Pagi sebelumnya dengan gowes dilakukan penanaman pohon di area taman wisata Candi Prambanan. “Bersepeda dengan jarak dan tujuan/keperluan tertentu misal untuk berangkat ke kantor/bekerja akan menyehatkan, menambah imunitas dan mengurangi polusi,” ucap Herry Zudianto yang saat menjabat Walikota Yogya sukses menggairahkan Sego Segawe, sepeda untuk transportasi berangkat kerja. (Vin)

BERITA REKOMENDASI