Tanamkan Nilai Patriotisme Melalui Lomba Cerita Sejarah

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Event Museum Perjuangan Expo 2017 dimeriahkan dengan lomba cerita sejarah tingkat SMP dan SMA/SMK se-DIY. Hari pertama, Rabu (17/5/2017) memperlombakan untuk tingkat SMP diikuti 25 peserta. Hari berikutnya untuk tingkat SMA yang juga diikuti 25 peserta.

Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Dra Zaimul Azzah MHum mengatakan, lomba cerita sejarah merupakan agenda rutin tahunan. Tahun ini lomba mengambil tema 'Majulah Indonesiaku'. Tema tersebut dipilih untuk membangkitkan semangat generasi muda Indonesia dalam membangun bangsa.

"Banyak cara untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme sejak dini, salah satunya melalui lomba cerita sejarah ini," terang Zaimul kepada KRjogja.com disela kegiatan di Museum Perjuangan, Jalan Kol Sugiono 24 Yogyakarta.

Dikatakan Zaimul, setiap peserta diberi waktu 10 menit untuk menyampaikan ceritanya. Kriteria penilaian meliputi kesesuaian tema dan isi, teknik dan keruntutan cerita, kemampuan bahasa dan pernampilan secara keseluruhan. Lomba dinilai oleh 3 juri berkompeten yakni Dra Tari Khusnul Khotimah SS MHum, Yustina Hastrini SS dan Dr Else Liliani SS MHum. Para pemenang memperoleh piala, sertifikat dan uang pembinaan. (Dev)

BERITA REKOMENDASI