Tantangan ‘Corporate Communication’ Di Tengah Pandemi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Pandemi Covid-19 berdampak ke semua sektor, termasuk industri ‘multifinance. Kinerja keuangan dan tingkat kesehatan perusahaan terganggu karena banyak debitur yang pendapatannya turun dan kesulitan membayar biaya angsuran.

Hal tersebut mengemuka dalam webinar bertajuk ’Corporate Communication in Multifinance Company'

yang diselenggarakan oleh Prodi Hubungan Masyarakat Ilmu Komunikasi UPN ‘Veteran’ Yogyakarta, Selasa (6/7). Webinar menghadirkan Ni Made Wahyuni selaku Associate Corporate Communication of Astra Credit Companies

dan diikuti lebih dari 200 peserta dari berbagai instansi.

Ketua Prodi Humas Ilmu Komunikasi UPNVYK Dewi Novianti mengatakan, webinar ini diselenggarakan untuk mendekatkan mahasiswa dengan praktisi dan dunia kerja. “Kami ingin para praktisi berbagi pengalaman, sehingga para mahasiswa dapat lebih menyiapkan diri secara profesional,” ujarnya.

Ni Made Wahyuni selaku Associate Corporate Communication of Astra Credit Companies mengatakan, corporate communication itu bertugas untuk menjalin komunikasi secara internal, eksternal dan mengatasi krisis. Mahasiswa harus dilatih untuk menulis dengan baik agar pesan dapat tersampaikan secara efektif. Fotografi juga diperlukan, karena saat ini aspek visual merupakan hal yang sangat penting.

“Berdasarkan pengalaman dalam mengatasi krisis saat awal pandemi 2020. Saat itu pemerintah menyampaikan informasi terkait dengan pandemi, maka pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama setahun. Saat itu pemerintah baru menyampaikan secara lisan. Tetapi para debitur sudah menggeruduk semua kantor cabang,” ungkapnya.

Padahal dari munculnya kebijakan pusat, perlu waktu untuk membuat aturan implementasinya. Seorang corporate communication harus berpikir dan bertindak cepat untuk menyelesaikan hal ini. “Kami harus dapat menjadi jembatan informasi antara public policy, kebijakan manajemen dan customer,” jelasnya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI