Tarif ‘Nuthuk’ Terus Berlanjut, Parkir Mobil Rp 20 Ribu di Jalan Dagen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebuah akun Twitter @js15 (eljsetyawan) mengunggah foto karcis parkir mahal yang didapatkannya di kawasan Malioboro tepatnya Jalan Dagen, Kamis (03/06/2021) kemarin. Untuk parkir mobil dua jam, ia harus membayar Rp 20 ribu dengan tulisan nominal yang diganti di atas angka 15.

Unggahan tersebut memang tidak seramai viralnya pecel lele mahal di Jalan Perwakilan beberapa waktu lalu. Namun menyita perhatian karena beberapa hari lalu, tarif parkir mahal juga sempat terungkap di Jalan KH Ahmad Dahlan, sebelah barat titik 0 kilometer.

Anggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba menilai persoalan parkir tersebut harus segera diselesaikan. Menurut dia, Pemkot Yogyakarta sebenarnya telah menerapkan tarif parkir premium untuk kawasan Malioboro sejak tahun 2020 lalu, namun tak dipungkiri masih ada persoalan komitmen serta konsistensi Perda Perparkiran tersebut.

“Penegakan Perda Kota Yogyakarta nomor 2 tahun 2019 ini belum konsisten. Kami dari Forpi sepakat, penegakan hukum tanpa pandang bulu. Jukir yang nakal harus ditindak, dibawa ke pengadilan dikenai pasal Tipiring,” ungkap Kamba, Jumat (04/06/2021).

Forpi menurut dia sepakat dengan usulan Sultan untuk menerapkan tarif premium di Malioboro juga yang sudah diterapkan Pemkot Yogyakarta. Hanya saja, perlu papan informasi terkait kawasan premium dan besaran tarif yang dibayarkan.

“Di sini pengawasan harus maksimal dari instansi terkait. Jukir juga harus punya komitmen untuk mematuhi aturan tentang perparkiran. Kalau melanggar, sanksinya tegas dan berat, apalagi jika berulang. Kalau perlu langkah konkret, cabut bantuan sosialnya jika memang mendapat. Harapannya ada efek jera,” tegasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI