Tarik Wisatawan Minat Khusus, Glagah Tropicolorun 2020 Digelar

YOGYA, KRJOGJA.com – Event wisata olahraga bertajuk Glagah Tropicolorun 2020 bersiap digelar 9 Februari mendatang. 2000 peserta ditargetkan akan ikut dalam event yang sengaja dibuat untuk menarik wisatawan di bulan-bulan sepi tersebut. 

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Niken Probo Laras mengungkap gelaran Glagah Tropicolorun 2020 merupakan kali ketiga sejak 2018 lalu. Pemda Kulon Progo memiliki misi khusus untuk mengenalkan lebih jauh potensi wilayah yang kini memiliki latarbelakang bandara Yogyakarta International Airport (YIA) ini.  “Kami ingin kenalkan lebih jauh potensi Glagah yang kini paling dekat dengan YIA. Tahun lalu kami datangkan 1.500 pelari dari berbagai daerah, tahun ini kami ingin targetkan 2.000 peserta,” ungkapnya dalam temu pers di Tarumartani Coffee Resto, Senin (20/1/2020). 

Event Glagah Tropicolorun 2020 menurut Niken menjadi bagian dari gerakan Jogja Heboh yang digagas GKR Mangkubumi. Bulan-bulan seperti Januari dan Februari kerap disebut masa low season di mana kunjungan wisatawan menurun di DIY. 

“Kami ingin tarik wisatawan terutama yang minat khusus seperti lari untuk datang. Ini sampai hari ini antusiasme sudah terlihat, sampai sekarang sudah ada 500-an peserta yang mendaftar,” sambung dia. 

Kepala Seksi Atraksi Dinas Pariwisata Kulon Progo, Samsul menambahkan dalam event nanti, para peserta akan diajak bergembira dalam semangat olahraga. Berbagai pertunjukkan seni tradisi Kulon Progo juga akan dihadirkan untuk menambah semarak penyelenggaraan. 

“Ada hiburan berbeda, dilepas dari start peserta sudah akan larut dalam pesta warna dan sekarang latarnya sudah bandara yang terwujud dan jadi. Kami juga membuat runner semakin nyaman karena tahun lalu ada peserta dari Malaysia, Cina, Polandia dan Kanada, semoga tahun ini lebih banyak,” imbuh dia. 

Pendaftaran Glagah Tropicolorun sendiri masih dibuka hingga 2 Februari mendatang. Peserta nantinya akan mendapat racepack dan medali untuk 1000 finisher pertama. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI