Tax Amnesty Gairahkan Investasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Euforia Tax Amnesty atau pengampunan pajak dinilai akan menggairahkan kembali investasi di tanah air. Peningkatan investasi ini sekaligus mendorong pertumbuhan perekonomian nasional dan pendapatan nasional.

"Tax Amnesty tentu saja menggairahkan bagi investasi di tanah air. Peluangnya cukup besar bagi pertumbuhan investasi," ujar Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal (BKPM) DIY, Totok Prianamto kepada KRjogja.com, Rabu (20/07/2016).

Totok mengatakan pihaknya mengharapkan dengan disahkannya kebijakan pengampunan pajak ini memberikan dampak positif bagi penanaman modal di tanah air. Terutama mengalirnya dana-dana yang sempat parkir di luar negeri kembali masuk ke tanah air. "Kami melihat peluang ini kita sambut dengan positif untuk meningkatkan investasi," kata Totok.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Arief Budi Santoso mengungkapkan dengan disahkannya Tax Amnesty ini menarik minat investor untuk masuk ke tanah air. Investor dimungkinkan untuk menanamkan dananya lagi ke Indonesia.

Arief menjelaskan pengampunan pajak memang akan memberikan dampak positif dari dua sisi tersebut yaitu bagi pajak dan investasi. Namun outletnya investasi di sektor apa saja, hal inilah yang perlu dipersiapkan rekan-rekan perbankan, pasar modal dan sebagainya.

"Investor sebelum melakukan penanaman modalnya langsung, mereka bisa menempatkan dalam bentuk surat berharga, obligasi dan lain-lain. Ini yang sekarang harus dipersiapkan untuk menangkap peluang investasi tersebut," imbuh Arief. (R-4)

BERITA REKOMENDASI