Teks Proklamasi Sempat Dibuang di Kotak Sampah

Editor: Ivan Aditya

PROKLAMASI kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir Soekarno dengan didampingi Drs Mohammad Hatta pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Peristiwa ini menjadi awal sejarah di mata dunia bahwa Indonesia telah menjadi bangsa yang merdeka.

Momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia ini dimulai tepat pukul 10.00 WIB dengan pembacaan Proklamasi dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih yang sebelumnya telah dijahit oleh Ibu Fatmawati. Pengibaran ini dilakukan oleh prajurit PETA yakni Latief Hendraningrat dan Soehoed, setelah bendera berada di ujung tiang tertinggi dikumandangkanlah lagu Indonesia Raya.

Teks naskah Proklamasi asli merupakan tulisan tangan sendiri oleh Soekarno. Naskah tersebut merupakan rumusan dari Tadashi Maeda, Tomegoro Yoshizumi, S Nishijima, S Miyoshi, Mohammad Hatta, Soekarno dan Achmad Soebardjo.

Naskah Proklamasi asli tulisan tangan sempat ditinggal begitu saja dan bahkan sudah masuk ke tempat sampah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. Seorang bernama Diah menyelamatkan naskah bersejarah ini dari tempat sampah dan menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, hingga akhirnya diserahkan kepada Presiden Soeharto pada 29 Mei 1992.

Tanpa banyak yang tahu atau mengingatnya, ternyata 17 Agustus 1945 bertepatan dengan tanggal 9 Ramadan 1364 Hijriyah. Kala itu umat muslim nusantara juga tengah melaksanakan ibadah puasa saat menantikan detik-detik dibacakannya proklamasi kemerdekaan. (*)

BERITA REKOMENDASI