Tembus 1025 Kasus, Pasien Tanpa Gejala Memungkinkan Dirawat di Rumah

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY mengkonfirmasi tambahan 33 kasus, Minggub(16/8/2020) hari ini yang membuat kumulatif bertambah menjadi 1025. Ketersediaan bed kritikal DIY per hari ini di rumah sakit rujukan DIY menyisakan 10 unit saja.

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih mengatakan tambahan 33 kasus hari ini terdiri dari Kabupaten Bantul (19), Kota Yogyakarta (7), Gunungkidul (3), Sleman (3) dan Kulonprogo (1). Pasien-pasien positif hari ini merupakan hasil skrining karyawan kesehatan (10), kontak tracing kasus DIY (15), perjalanan luar daerah (2) dan 6 kasus masih dalam penelusuran.

“Untuk pasien-pasien asimptomatik atau tanpa gejala, saat ini dirawat di rumah sakit lapangan, shelter atau tempat isolasi dalam pengawasan di bawah puskesmas atau pemkab/pemkot. Sebenarnya pasien positif dirawat di rumah juga sangat bisa apabila situasi dan kondisinya memang memungkinkan,” terang Berty.

Terkait kesembuhan hari ini diketahui ada 13 orang yang terkonfirmasi. Total kumulatif kesembuhan DIY pun bertambah menjadi 675 sampai hari ini. “13 pasien sembuh berasal dari Sleman (6), Kota Yogyakarta (4), Gunungkidul (2) dan Kulonprogo (1). Total sample yang diperiksa hari ini 434 dari 332 orang,” sambung Berty.

Ketersediaan bed kritikal DIY sendiri saat ini berjumlah 10 unit sementara untuk non kritikal tersisa 175. Tercatat ada 4 tambahan pasien kritikal yang terkonfirmasi hari ini. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI