Tembus 2184 Kasus Aktif, Penularan Covid DIY dari Keluarga dan Tetangga

YOGYA, KRJOGJA.com – Jumlah kasus aktif Covid-19 DIY berdasar data gugus penanganan bidang kesehatan mencapai angka 2184. Penularan dari keluarga dan tetangga mulai terjadi cukup masif di wilayah DIY.

Biwara Yuswantana, Kepala Pelaksana BPBD DIY mengatakan jumlah kasus yang meningkat menjadi perhatian Pemda DIY yang kemudian menggelar pertemuan dengan bupati/walikota Kamis (10/12/2020). Biwara menyebut, seluruh pihak mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus yang terjadi usai pilkada dan libur panjang Nataru.

“Penularan Covid di DIY sudah antar keluarga dan bahkan tetangga, jumlah kasus harian beberapa waktu belakangan juga meningkat. Ketua gugus (Wagub) sudah kirim surat ke kabupaten/kota untuk memaksimalkan kinerja tim gugus hingga tingkat desa terutama mengawasi protokol kesehatan,” ungkap Biwara pada wartawan.

Perijinan kegiatan di tingkat kabupaten/kota menurut Biwara kini diperketat agar tak menimbulkan potensi penularan. Pemda pun meminta optimalisasi peran gugus Covid hingga tingkat desa.

BERITA REKOMENDASI