Temui Sultan, Uskup Agung Semarang Sampaikan Niat Tambah Kevikepan Gereja di DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Uskup Agung Semarang, Monsinyur Robertus Rubyatmoko melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan Senin (23/12/2019). Rubyatmoko menyampaikan rencana pemekaran gereja di Kevikepan Yogyakarta. 

Kepada wartawan usai pertemuan, Monsinyur Rubyatmoko mengungkap ada rencana dari Keuskupan Agung Semarang untuk melakukan pemekaran kevikepan DIY. Saat ini DIY memiliki satu kevikepan yang menurut dia akan dikembangkan menjadi dua yakni Yogyakarta timur dan barat. 

“Tadi kami menyampaikan rencana pemekaran gereja Kevikepan Yogyakarta. Saat ini satu kevikepan, menjadi Yogyakarta timur dan barat.  Itu yang disampaikan tadi dalam pertemuan,” ungkapnya pada wartawan. 

Kepada wartawan, Rubyatmoko juga menyampaikan pesan Natal yang diharapkan bisa diendapkan di hati tiap umat. Tema Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang untuk Natal tahun 2019 ini dirasakan tepat untuk merespon situasi sekarang. 

“Kami punya tema bersama Kristen dan Katolik, Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang dan isinya umat Kristiani untuk bersama menjadi sahabat bagi orang lain. Kita ingin menciptakan hidup bersama dalam kebersamaan dan keharmonisan dalam persaudaraan demi Indonesia maju,” imbuh Uskup. 

Secara khusus, bagi umat di Yogyakarta, Uskup juga berharap masyarakat senantiasa menciptakan suasana yang nyaman sehingga memperkuat kesan Yogyakarta yang selalu ngangeni. “Menjadi harapan kita bersama, masyarakat kita untuk menciptakan kota adem, ayem dan ngangeni. Bagi saya ini jadi kesempatan luar biasa, menawarkan sesuatu yang baik, mranani dan ngangeni,” pungkas Rubyatmoko. 

Pertemuan dengan Sultan sendiri berlangsung tertutup selama kurang lebih satu jam. Uskup didampingi rombongan dari Kevikepan Yogyakarta dalam pertemuan di Gedong Wilis tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI