Temukan Tas Berisi Rp 20 Juta, Tukang Sampah Kembalikan ke Pemiliknya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tindakan terpuji dilakukan seorang warga Gambiran Umbulharjo Yogyakarta bernama Jubaidi (65). Pria yang keseharian bekerja sebagai tukang sampah ini menemukan tas berisi uang Rp 20 juta. Dengan susah payah ia mencari si pemilik tas tersebut dan berniat hendak mengembalikannya, lewat bantuan Polisi akhirnya pria asli Mojokerto ini berhasil bertemu dan menyerahkan barang berharga tersebut.

Jubaidi di hadapan petugas Polsekta Umbulharjo menuturkan, tas warna orange itu ditemukannya di Jalan Veteran Yogyakarta, Rabu (23/05/2018) lalu. Saat itu ia sempat membuka dan di dalamnya terdapat uang tunai sebanyak Rp 20 juta, 19 ampol berisi masing-masing isi uang Rp 10.000, kipas angin, power bank dan charge HP.

Baca juga :

Satgas TMMD Grebeg Sampah Pasar Giwangan

Heroe Poerwadi Ajak Warga Kelola Sampah Jadi Barang Ekonomis

Merasa bukan miliknya Jubaidi segera berusaha mencari pemilik tas, namun upayanya itu tak berhasil. Ia akhirnya memutuskan untuk menyerahkan barang berharga itu ke Polsekta Umbulharjo.

“Tas itu bukan milik saya, jadi saya tidak punya hak untuk memilikinya. Saya menyerahkan kepada Polisi agar bisa membantu menemukan pemiliknya, karena pasti ia juga sedang mencari tas itu,” tuturnya kepada KRJOGJA.com, Jumat (25/05/2018).

Awalnya Polisi juga sempat menemui kesulitan lantaran tak ada identitas sedikitpun ditinggal dalam di tas itu. Namun setelah dilakukan penelusuran akhirnya petugas berhasil menemukan pemilik dari tas berisi uang Rp 20 juta tersebut.

Pemiliknya merupakan PNS warga Gunungketur Pakualaman Yogyakarta bernama Edy Prastya (48). Dengan disaksikan petugas, Jubaidi menyerahkan langsung tas tersebut kepada Edy Prastya di Mapolsekta Umbulharjo, Kamis (25/05/2018) kemarin.

Uang puluhan juta miliknya berhasil kembali ke tangannya, Edy Prastya mengaku bersyukur telah ada seseorang yang baik dan mengembalikan tas berharganya. Ia tak menyangka seluruh barang dalam tas dapat kembali utuh tanpa kurang sedikitpun.

Diungkapkannya dua hari lalu ia memang tengah melintas di Jalan Veteran Yogyakarta dan tak sadar jika tasnya terjatuh, ia baru mengetahinya setelah sampai di rumah. Edy Prastya sudah mencoba mencari dengan kembali menyusuri jalan yang dilaluinya, namun upayanya itu tetap tak membuahkan hasil.

“Saya sangat bersyukur tas ini dapat kembali dengan lengkap. Ternyata di zaman sekarang masih ada seseorang yang jujur dan berbuat baik kepada sesama,” tuturnya.

Sementara itu Kapolsekta Umbulharjo Kompol Alaal Prasetyo melalui Kanit Reskrim Iptu Supatno mengapresiasi apa yang dilakukan Jubaidi. Ditegaskannya tindakan tukang sampah tersebut untuk mengembalikan tas yang bukan miliknnya itu merupakan perbuatan terpuji dan harus dicontoh oleh masyarakat.

“Apa yang dilakukan Pak Jubaidi sudah benar, menemukan tas dan mencoba mengembalikan namun tak berhasil sehingga meminta bantuan kepada Polisi. Kini tas tersebut telah dikemablikan kepada pemiliknya dalam kondisi baik dan diserahkan langsung oleh Pak Jubaidi,” unkapnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI