Tenang, Stok Bahan Pangan Aman Selama Lebaran

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Masyarakat DIY diminta membuang jauh kekhawatiran kelangkaan stok bahan pangan selama libur Lebaran 2016. Masyarakat pun diminta tak membeli dengan berlebihan agar harga di pasaran tidak naik secara drastis.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIJ Arofa Noor Indriani kepada wartawan Jumat (1/7/2016) mengatakan secara umum jumlah stok komoditas pangan di DIY relatif mencukupi baik di tingkat pedagang maupun gudang Bulog Divre DIY. "Untuk Lebaran stoknya aman, hampir semua komoditas masih surplus," ungkapnya saat ditemui di Kepatihan.

Bahan seperti bawang merah, jumlahnya mencapai 600 ton, bawang putih mencapai 28 ton, cabai merah 2.600 ton dan minyak goreng sebesar 34 ton. Ketersediaan tersebut mampu memenuhi permintaan masyarakat mulai 1 Juli 2016 mendatang selama libur lebaran.

"Untuk ketersediaan beras yang tersedia dan bisa dikonsumsi masyarakat mencapai 150 ribu ton. Sementara gula pasir mencapai 4.600 ton, nah untuk stok daging sapi masih surplus hingga 2.200 ton dan daging ayam 9.000 ton juga telur ayam mencapai 8000 ton, masih aman," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Divre Bulog DIY Sugit Tedjo Mulyono juga menjamin stok beras masih sangat mencukupi untuk konsumsi masyarakat. "Saat ini stok beras di gudang Bulog DIY mencapai 35.200 ton yang mencukupi sampai Maret 2017, penyerapan dari petani jalan terus dan stok kami aman," terangnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI