Terima Sertifikat Internasional, Pelajar SMK DIY Diuji Servis Mobil 10 Ribu Kilometer

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – 15 siswa SMK jurusan otomotif dari wilayah DIY menjalani diklat di Balai Pelatihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta. Mereka mendapat kesempatan menaikkan kapasitas sekaligus mendapatkan sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P3 yang diakui nasional dan ASEAN.

Kasi Layanan Pendidikan Teknik BLPT Yogyakarta, Basuki MPd mengatakan selama lima hari para siswa mendapatkan materi dari pengajar berkompeten. Secara keseluruhan, para siswa yang dipilih dari berbagai sekolah menempuh pelatihan secara materi dan praktik hingga 65 jam meliputi seluruh bidang otomotif.

“Karena pandemi, kita memang rekrut cara beda dari tahun-tahun sebelumnya seperti wajib non reaktif rapid sebelum masuk asrama dan wajib mengenakan masker selama proses di sini. Setelah mendapat materi, hari ini siswa mengikuti uji kompetensi bekerjasama dengan LSP Oto-Ina,” ungkapnya di sela uji kompetensi, Sabtu (10/10/2020).

Sementara Ketua LSP Oto-Ina, H Karjana mengatakan di tahapan uji kompetensi para siswa diminta melakukan pemeliharaan rutin mobil Electronic Full Injection (EFI) 10 ribu kilometer. Para siswa diminta menservis mobil dalam waktu 90 menit dan mengurai permasalahan pada mobil hingga siap digunakan.

“Ini yang nantinya ditemukan siswa ketika bekerja di dunia industri. Kami ingin menyiapkan sejak awal sehingga mereka siap ketika nantinya bekerja. Kali ini uji kompetensi untuk pemeliharaan mobil EFI yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit untuk tiap peserta uji kompetensi,” ungkapnya di sela pengujian.

SMK

BERITA REKOMENDASI