Terima Sertifikat Internasional, Pelajar SMK DIY Diuji Servis Mobil 10 Ribu Kilometer

Editor: KRjogja/Gus

Karjana mengatakan untuk para peserta yang dinyatakan lulus uji kompetensi karena berhasil menyelesaikan seluruh bagian proses dengan baik, akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara nasional dan internasional. Hal tersebut berguna ketika nantinya siswa masuk ke dunia industri.

“Sertifikasi kami diakui di 12 negara Asean dan seluruh Indonesia. Harapannya, ketika nantinya para peserta ini masuk dunia kerja, mereka sudah siap dengan kompetensi yang dimiliki. Ada beberapa pengujian kompetensi seperti spooring balancing, pemeliharaan rem, pemeliharaan 10 ribu kilometer mobil injeksi, pemeliharaan 10 ribu kilometer mobil karburator dan servis sepeda motor yang seluruhnya dibutuhkan industri,” ungkapnya lagi.

Terkait alumni diklat BLPT Yogyakarta sendiri sampai kini jumlahnya sudah mencapai ratusan siswa yang 90 persen lebih di antaranya berhasil terserap di dunia industri. BLPT Yogyakarta berharap bisa menjadi salah satu bagian penting pembentukan SDM unggul khususnya di wilayah DIY. (Fxh)

 

SMK

BERITA REKOMENDASI