Terjerat Utang Online, IRT Gadaikan Motor Rental

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jerat utang membuat RH (59) warga Borobudur Jawa Tengah menggadaikan motor rentalan. Tak tanggung-tanggung, motor rental yang ia sewa kemudian digadaikan sebanyak 3 unit. Aksi nekat ibu rumah tangga (IRT) itu, kini berujung penjara baginya.

Kapolsek Depok Timur Kompol Suhadi, Jumat (12/6) menjelaskan, RH diamankan di wilayah Tegal, Jawa Tengah belum lama ini. Penangkapan dilakukan setelah penyidik mendapatkan laporan dari pemilik rental, Sri Handayani (37) warga Tajem Maguwoharjo yang merasa tertipu oleh RH. Penipuan terjadi akhir Desember 2019, saat pelaku menyewa tiga unit motor sekaligus kepada korban.

Kepada korban, pelaku berdalih menyewa tiga unit motor karena akan digunakan untuk keperluan warung dan di sewa oleh mahasiswa. Tanpa menaruh curiga korban memenuhi permintaan pelaku dan pelaku membayar uang rental Rp 1,5 juta. “Setelah jatuh tempo, motor tidak dikembalikan, bahkan pelaku minta perpanjangan hingga Februari 2020 dan membayar Rp 2 juta,” ujar Kompol Suhadi.

Tanpa curiga, korban mengabulkan keinginan pelaku, namun setelah Februari motor tidak dikembalikan. Korban sudah mencoba menghubungi pelaku, tapi nomor handphone milik RH sudah tidak aktif, bahkan belakangan diketahui sudah pindah tangan tanpa persetujuan pemilik.

BERITA REKOMENDASI