Terkait Covid-19, Pemda DIY Butuh Komitmen dan Kejujuran Masyarakat Lapor Kondisinya

Selain itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 di Kabupaten/Kota se-DIY maupun pihak lain yang konteksnya dapat melancarkan pengumpulan data informasi.

“Tidak hanya kendala anggapan tertular Covid-19 adalah aib sehingga banyak yang tidak melapor yang paling berat lainnya serta sulit adalah membentuk jaringan data informasi sampai ke tingkat Kalurahan/Desa di DIY. Hal ini juga membutuhkan komitmen antara Satgas Penanganan Covid-19 DIY dengan Kabupaten/Kota sehingga diperlukan keterbukaan dan saling berkoordinasi sampai jaringan Kalurahan/Desa,” tandasnya.

Kepala Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda DIY ini mengakui koordinasi dengan Pemkab/Pemkot masih sulit sehingga perlu pendekatan untuk masuk dalam mekanisme, selanjutnya komitmen dan kesepakatan yang dibangun bersama. Oleh karena itu, Pemda DIY tengah mengembangkan dashboard informasi perkembangan pandemi di masing-masing Kabupaten/Kota yang bisa langsung diunduh. Pemkab/Pemkot di DIY juga haru mendorong agar Kalurahan/Desa maupun Keluruhan mengirimkan perwakilannya supaya mendapatkan data yang riil time atau data terbaru dan terkini.

“Jadi kami harap ada take and give sehingga kami butuH komitmen dari Pemkab/Pemkot guna memasukkan data dalam satu data Covid-19. Sebab data tersebut setelah dikumpulkan, dipetakan dan dianalisis kaitanya dengan pemberian informasi kepada masyarakat maupun kepada pimpinan,” imbuh Imam.

BERITA REKOMENDASI