Terkait Teror Bom, Keamanan Bandara Adisutjipto dan YIA Dipertebal

YOGYA, KRJOGJA.com – PT Angkasa Pura I (Persero) meningkatkan keamananan, pasca kejadian di Medan Sumatera Utara. Peningkatan keamanan dilakukan di lingkungan Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan Bandara International Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (BIY/YIA).

Baca Juga: Bom Bunuh Diri Meledak di Mapolrestabes Medan

Hal itu diungkapkan General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Kamis (14/11/2019). Pada dasarnya pihak keamanan di bandara sudah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) sendiri dan itu cukup ketak. Mulai dari akses masuk ke lingkungan bandara hingga calon penumpang masuk ke pesawat. Semuanya ada pemeriksaan yang cukup ketat.

"Hanya saja setiap kali ada kejadian yang menyangkut keamanan, pasti terus dilakukan evaluasi. Termasuk kami juga langsung berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk melakukan penebalan keamanan di lingkungan bandara. Baik di Bandara Adisutjipto maupun YIA," ujarnya.

Secara rutin Agus Pandu mengungkapkan, keamanan di sekitar bandara termasuk ketat. Karena petugas harus menjamin, pelanggan dapat terlayani dengan baik ketika mereka sedang berada di lingkungan bandara.

Baca Juga: Media Asing Juga Ikuti Peristiwa Bom Bunuh Diri di Medan

Ketika disinggung apakah akan selektif lagi terhadap ojek online, ditegaskan Agus Pandu, jika selama ini untuk kendaraan online yang roda dua hanya sampai utara rel kereta api saja. Sedangkan untuk roda empat ada di parkir utara yang notabene jauh dari terminal. Atau mereka hanya menurunkan penumpang saja dan tidak parkir.

"Hal yang pasti, kami melakukan monitoring dari setiap pergerakan siapa saja di sekitar bandara. Karena di hampir semua titik juga sudah terpasang CCTV. Tidak terbatas pada orang saja. Namun barang juga tidak lepas dari pantauan petugas," tegasnya.(Awh)

BERITA REKOMENDASI