Terlambat Bayar PKB, Tidak Dikenakan Denda

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keterlamnatan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tidak dikenai denda, mengingat kondisi sosial dan ekonomi masyarakat saat ini sedang terdampak Covid-19. Selain itu, ditiadakannya denda juga sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DIY Nomor 26 Tahun 2020 yang menegaskan denda pajak kendaraan bermotor dan denda bea balik nama dihapus.

Pergub itu berlaku terhitung sejak 1 April hingga 30 Juli 2020. Dengan demikian, kepada pemilik kendaraan bermotor (roda dua dan roda empat) tidak perlu tergesa-gesa untuk membayar pajak, hanya karena ‘takut’ dikenai denda karena keterlambatan pembayaran.

Masyarakat diimbau tidak panik atau bahkan ‘termakan isu yang menyesatkan. Akhir-akhir ini beradar informasi yang tidak benar, bahwa setiap wajib pajak yang terlambat memenuhi kewajibannya akan dikenai sanksi denda.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi (Kasi) STNK Subditregident Ditlantas Polda DIY Kompol Yugi Bayu Hendarto SIK di ruang kerjanya, Kamis (28/05/2020). Yugi Bayu Hendarto menegaskan pihaknya sangat memahami kesulitan yang dialami masyarakat saat ini, terkait adanya pandemi Covid-19. Selain mengacu pada Pergub DIY Nomor 26 Tahun 2020, jajaran Ditlantas Polda DIY juga memperhatikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.

BERITA REKOMENDASI