Terminal Giwangan Sudah Lewati Puncak Arus Mudik

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Puncak arus mudik Lebaran 2019 di Terminal Giwangan Yogyakarta berhasil terlewati. Sesuai prediksi, puncak tersebut terjadi pada H-3 atau 2 Juni 2019 lalu. Kendati jumlah penumpang diprediksi menurun, namun realita sementara justru melonjak.

Komandan Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta, mengungkapkan lonjakan penumpang pada masa angkutan Lebaran kali ini banyak ditopang melalui program mudik gratis. "Mudik gratis selama tiga hari ini terus berdatangan baik yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan RI, DKI Jakarta maupun Jasa Raharja. Semua berjalan dengan lancar," jelasnya.

Puncak kedatangan armada luar kota terjadi, Minggu (02/06/2019) dengan jumlah 1.154 bus. Armada itu lebih banyak dari tahun lalu mencapai 1.041 bus. Sedangkan pada H-2 kemarin, jumlah bus yang tiba hanya 648 bus, anjlok dari tahun lalu yang bisa mencapai 1.142 bus. Sementara jumlah penumpang yang tiba, paling tinggi terjadi Jumat (31/5) atau H-5 dengan 18.073 penumpang.

Jumlah itu lebih banyak dibanding tahun lalu yang mencapai 16.488 orang. Gelombang kedatangan penumpang dari luar kota masih terjadi hingga H-3 dengan jumlah yang jauh lebih banyak dibanding tahun lalu.

"Jumlah penumpang yang datang mulai H-2 sudah berkurang. Catatan kami ada 7.341 orang, atau separuh dari tahun lalu yang mencapai 16.263 orang. Memang fluktuatif," tandas Bekti.

Di samping itu, armada angkutan Lebaran yang hendak berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta mendapat pengawasan cukup ketat. Pemeriksaan armada yang dulu dilakukan secara berkala, kini ditingkatkan setiap hari. Petugas dari Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI turun langsung guna mengecek kelengkapan surat menyurat pengemudi dan armada, hingga sarana dan prasarana kendaraan. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI