Ternyata Ini Alasan Tak Kunjung Baiknya Prestasi Olahraga di DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Selama ini prestasi olahraga DIY tak bisa dipungkiri cukup tertinggal dibandingkan daerah lain khususnya di Pulau Jawa. Permasalahan demi permasalahan pun coba diurai oleh KONI DIY selaku induk olahraga yang menaungi seluruh cabang.

Salah satu yang coba dibenahi adalah manajemen organisasi yang ternyata selama ini belum berjalan dengan baik. Ketua II KONI DIY, Triyandi Mulkan SH MM mengatakan, berjalan dengan baiknya sebuah organisasi olahraga menjadi salah satu hal terpenting dalam menunjang program pembinaan dan capaian prestasi.

“Rasanya tidak masuk akal kalau administrasi organisasinya tidak ditata dengan baik, kita bisa meraih prestasi tinggi. Tidak ada program yang dibuat ya jelas berdampak pada prestasi,” ungkapnya usai workshop manajemen organisasi dan keuangan yang digelar di Den Nany Garden, Tamansiswa Kamis (13/12/2018) sore.

Belum maksimalnya kesepahaman manajemen pengelolaan program olahraga menurut Triyando terlihat dari beberapa contoh sederhana yang terjadi di DIY. “Misalnya saat Musyawarah Daerah suatu cabang, ternyata acaranya masih berbeda belum menyanyikan lagu Indonesia Raya misalnya. Ini kan menunjukkan kalau pengurus belum paham tata cara sesuai standar KONI,” sambungnya.

Pun begitu dengan penggunaan anggaran dan maksimalisasi kinerja para pengurus KONI di Kabupaten/Kota DIY yang dirasa masih belum terbentuk baik. “Yang juga masih cukup menarik itu di Gunungkidul dan Kulonprogo, mereka belum punya kantor KONI sendiri. Ada tapi belum representatif, akibatnya ya programnya tidak bisa maksimal, dampaknya prestasi atlet juga,” tandasnya.

Melalui workshop yang diikuti anggota KONI DIY tersebut Triyandi berharap kedepan administrasi bukan lagi menjadi penghalang kemajuan prestasi olahraga DIY. Di hari sebelumnya, Rabu (12/12/2018), KONI DIY juga menyelenggarakan product knowledge database atlet dan pelatih secara digital untuk menggenjot prestasi olahraga di DIY. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI