Terpisah Sejak Usia 4 Tahun, Ini Cerita Ajeng Ayu Mencari Ibunda Sampai Yogya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ajeng Ayu Salma (18) warga Kampung Bojongkopo Cipelang Kabupaten Bogor sejak setahun terakhir berusaha mencari keberadaan sang bunda bernama Sulaminingsih yang terpisah sejak 14 tahun lalu. Terakhir, melalui pencarian pribadi lewat data pemilih KPU, ia menemukan sedikit titik cerah sang ibunda berada di Yogyakarta, tepatnya di Gamping Sleman.

Data yang didapat Ajeng tersebut masih sangat minim, karena ternyata baik keluarga kandung maupun angkat tidak memiliki sedikitpun informasi mengenai keberadaan Sulaminingsih. Kontak terakhir keluarga Ajeng yakni nenek dan bibi dengan Sulaminingsih terjadi pada 2006 lalu dan tak lagi terjalin sedikitpun hingga kini.

Ajeng sempat menceritakan perjalanan hidupnya pada KRjogja.com saat berbincang, Rabu (17/6/2020) pagi. Sebelumnya, ia juga sempat membuat utas cerita di Twitter yang mengundang simpati banyak warganet karena terus berjuang mencari ibundanya.

Ajeng lahir di Bogor pada 1 Maret 2002 dari pasangan Aah Ripandi dan Sulaminingsih. Sulaminingsih merupakan istri kedua Aah yang saat itu sama-sama bekerja di Jakarta.


Foto Ajeng Ayu Salma saat ini.

Sejak lahir hingga usia 4 tahun, Ajeng diasuh oleh neneknya (ibu dari Aah Ripandi) di Bogor di mana sang ibu datang setiap beberapa waktu sekali. “Ayah dan ibu berpisah saat saya umur 2 tahun. Dari lahir saya diasuh nenek, lalu di usia 4 tahun saya dibawa ke Jakarta oleh ibu dan diberikan pada orangtua angkat. Dari TK sampai wisuda TK aku di Jakarta,” ungkap Ajeng mengisahkan.

BERITA REKOMENDASI