Tertib Adminduk Sasar Penduduk Telantar

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Penduduk telantar yang sama sekali belum memiliki dokumen juga menjadi sasaran tertib administrasi kependudukan. Penduduk telantar tersebut masuk kategori warga dengan rentan adminduk.

“Penduduk rentan itu kelompoknya ialah orang-orang telantar administrasinya. Mereka sudah lama tinggal di Kota Yogya namun tidak memiliki dokumen kependudukan sama sekali,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogya Bram Prasetyo.

Dindukcapil Kota Yogya sejauh ini belum memiliki data pasti jumlah penduduk yang rentan adminduk tersebut. Oleh karena itu, lanjut Bram, pihaknya sangat mengandalkan laporan dari wilayah terutama petugas di kecamatan. Setiap laporan dari kecamatan yang masuk, akan langsung ditelusuri oleh tim dari Dindukcapil Kota Yogya.

Dalam penelusuran tersebut, Bram mengaku sekaligus mendata penduduk rentan atau telantar. Selanjutnya diberikan dokumen berupa surat keterangan pengganti tanda identitas. Melalui surat tersebut, yang bersangkutan akan diproses menjadi penduduk Kota Yogya.

Bagi yang sudah masuk dalam wajib KTP, maka dilanjutkan dengan perekaman biometrik. Sedangkan yang belum wajib KTP, diberikan berita acara yang dilaporkan ke aparat kepolisian.

“Sejak Januari hingga Maret ini sudah 15 orang penduduk telantar yang sudah kami proses adminduknya. Rata-rata mereka sudah cukup lama terpisah dari keluarganya kemudian mengembara hingga di Kota Yogya,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI