Tetap Gelar Sholat Ied, Masjid di Jogja Bakal Diawasi Protokol Kesehatannya

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Tak sedikit masjid di wilayah DIY yang tetap akan melaksanakan Sholat Ied di momen Idul Fitri, Minggu (24/5/2020) meski organisasi keagamaan telah mengeluarkan peraturan. Tim gugus penanganan Covid-19 DIY pun bakal melakukan pengawasan agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan mencegah penyebaran virus.

Sekda Pemda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan organisasi keagamaan seperti PHBI, MUI dan Kementrian Agama sudah mengeluarkan himbauan untuk tidak melaksanakan Sholat Ied secara bersama dalam jumlah banyak. Aturan yang sudah dikeluarkan menjadi acuan bagi Pemda DIY untuk melakukan pengawasan.

“Kalau sudah diatur berarti kami dari pemda akan melakukan pengawasan dari yang diatur organisasi keagamaan tadi. Kalau sudah dilarang melaksanakan ya protokol kesehatan jadi tanggung jawab kita untuk diawasi,” terangnya.

Pemda DIY berharap masyarakat menaati himbauan dari organisasi keagamaan terkait tidak menggelar Sholat Ied berjamaah dalam jumlah banyak. Termasuk, terkait tidak dilaksanakannya halal bi halal yang berpotensi menjadi tempat penularan baru Covid setelah adanya tren Orang Tanpa Gejala (OTG) belakangan ini di DIY.

“Kalau ada yang tidak menerapkan ya kita tertibkan agar protokol kesehatannya sesuai. Salaman saja tak boleh kok, halal bi halal juga tak diperbolehkan, kan diminta pakai zoom jarak jauh. Malah ini katanya saya diajak ada aplikasi maaf-maafan, kalau memaafkan tinggal klik dan minta maaf juga klik seperti kita ngelike sesuatu itu,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI