Tetap Prima Walau Saat di Musim Penghujan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Musim penghujan mulai terjadi di wilayah DIY. Berbagai ancaman penyakit pun hadir bersamaan dengan berubahnya kondisi cuaca dari yang sebelumnya cukup panas dan kering menjadi lebih basah.

Pakar Kesehatan UGM dr Fatwa Sari Tetra Dewi pun membagikan kiat agar tetap prima di musim penghujan. Menurut dr Fatwa konsumsi makanan seimbang dan bergizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga :

Sultan: Waspadai Angin Kencang dan Tanah Longsor
Optimis, Kunjungan Wisman di DIY Capai Satu Juta

“Sebaiknya memang mengurangi konsumsi es dan makan makanan yang hangat untuk menjaga suhu tubuh. Cukup penting juga untuk mengkonsumsi vitamin jika diperlukan untuk menambah daya tahan tubuh,” ungkapnya pada media Kamis (09/01/2020).

Selain makanan seimbang, hal yang tak kalah penting untuk dilakukan yakni aktivitas fisik. Olahraga minimal 30 menit sehari atau 150 menit selama seminggu menurut dr Fatwa juga sebaiknya dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh menghadapi cuaca yang tak menentu saat ini.

“Sistem kekebalan tubuh bisa bertambah dengan kita berolahraga, paling tidak 30 menit setiap hari. Tapi juga terpenting istirahat cukup setelah melakukan aktivitas sepanjang hari,” ungkapnya lagi.

Sementara terkait penyakit yang rentan muncul saat musim penghujan diakui dr Fatwa cukup beragam mulai yang menular maupun tak menular. Influenza, ISPA dan demam berdarah paling beresiko terjadi selain kecelakaan akibat hujan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI