Tiap Kalurahan di DIY Bakal Terima Danais Rp 50 Juta untuk Covid

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan pihaknya bersiap mengalokasikan Dana Keistimewaan (Danais) untuk penanganan Covid-19 di tingkat kalurahan/desa. Tiap kalurahan nantinya akan menerima dana sebesar Rp 50 juta untuk keperluan penanganan kesehatan maupun sosial ekonomi.

Kepada wartawan, Kamis (29/7/2021), Sultan mengatakan saat ini pihaknya sudah mengalokasikan Danais untuk tiap kalurahan di DIY sebesar Rp 50 juta. Dana tersebut akan meluncur tahap satu dan akan ditambah apabila masih memerlukan pembiayaan.

“Kita sedang desain setiap kelurahan kira-kira mendapatkan Rp 50 juta. Tapi saya minta untuk penanganan ini sudah harus jelas satuannya karena di desa sudah ada APBDes, jangan nanti malah ora jelas. Jadi, pertanggungjawabannya berbeda,” tandas Sultan.

Sementara, Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengatakan langkah Pemda DIY untuk mengalokasikan Danais untuk percepatan penanganan Covid harus segera dilaksanakan. Pemerintah Pusat melalui Kementrian Keuangan sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 94 tahun 2021 yang memperbolehkan Danais digunakan untuk penanganan Covid.

“Di PMK 94 sudah diatur semuanya, Danais boleh untuk bantuan jaminan hidup (jadup), untuk bantuan warga isolasi mandiri (isoman), untuk membantu pedagang-pedagang yang tak bisa jualan dan kesulitan ekonomi. Semua sudah diatur dan bisa dimaksimalkan,” tandas Huda.

BERITA REKOMENDASI