Tidak Ada Plonco di SMAN 3 Yogya, Siswa Baru Latihan Upacara

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA N 3 Yogyakarta memasuki hari kedua. Salah satu kegiantan rutin setiap tahunnya adalah siswa baru dilatih upacara.

"Di hari kedua, salah satu kegiatanya adalah latihan upacara," kata ketua osis SMA N 3 Yogyakarta Arkan Daffa Lazuardi (17) di halaman Sekolah. Selasa (16/07/19).

Pantaun krjogja.com, siswa baru berkumpul di halaman tengah. Sedangkan anggota osis memberikan pelatihan upacara. Beberapa siswa diminta maju untuk mempraktikan kembali. Tak malu-malu, mereka ikut mencobanya.

"Dua hari ini siswa baru lumayan aktif. Semuanya kompak. Tugas yang mereka lakukan harus sesuai dengan penunjang kegiatan di sekolah. Dan itu sudah diatur dalam Undang-undang permendikbud," jelasnya.

Perkenalan siswa baru, menurutnya harus dijadikan sebagai wahana belajar. Sehingga sejak tahun 2000, SMA N 3 sudah tidak ada lagi perpeloncoan.

Sementara itu, hampir seluruh siswa baru masih mengenakan seragam SMP yakni putih Biru tua. Pun MPLS SMA N 3 Yogyakarta tidak ada satupun siswa yang membawa karung tepung, dan tidak nampak kuncir-kuncir rambut aneh.

"Mereka cuman membawa kebutuhan saja seperti alat tulis dan botol minum," ucapnya.

Kegiatan di hari kedua para siswa baru akan dibekali perkenalan osis dan lomba menyanyikan lagu mars SMA N 3 Yogyakarta.( ive).

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI