Tiga Hari Kesembuhan Covid DIY Meningkat, Ini Alasannya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jumlah kesembuhan kasus Covid-19 DIY terus bertambah hingga Jumat (7/8/2020) menjadi total 525. Dalam tiga hari terakhir, jumlah pasien sembuh lebih banyak daripada kasus positif yang terkonfirmasi harian.

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih mengatakan hari ini ada 28 kesembuhan kasus dan 19 tambahan pasien positif. Angka kesembuhan yang semakin banyak menurut Berty karena adanya perubahan pedoman penanganan pasien Covid-19 sesuai aturan Kementrian Kesehatan.

“Jadi, sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan 2 kali negatif untuk pasien di RS Rujukan, sementara di RS Lapangan sebagian sudah menggunakan negatif satu kali test. Ini sesuai dalam pedoman revisi 5, memberikan keleluasaan Dokter Penanggung Jawab Pasien ( DPJP) untuk melakukan evaluasi perkembangan pasien selama perawatan,” ungkap Berty.

Terkait kesembuhan hari ini Berty menyebut mayoritas berasal dari Kabupaten Bantul (14), Sleman (8), Gunungkidul (3) dan Kota Yogyakarta (3). “Para pasien sembuh tetap dipantau selama 14 hari dan diminta isolasi mandiri terlebih dahulu. Evaluasi tes PCR dilakukan di hari ketujuh isolasi mandiri,” sambung dia.

Sementara terkait pasien positif hari ini tercatat berasal dari Bantul (9), Sleman (5), Kota Yogyakarta (2), Gunungkidul (2) dan Kulonprogo (1). Riwayat pasien positif berasal dari hasil skrining pasien (1), tracing kasus (6), perjalanan luar daerah (6) dan masih dalam penelusuran (6). (Fxh)

BERITA REKOMENDASI