Tiga Kabupaten di DIY Segera Gelar Rapid Tes Massal

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DIY mengirim surat ke tiga kabupaten yaitu Kabupaten Sleman, Bantul dan Gunungkidul untuk segera melakukan rapid test massal terhadap warganya. Karena ketiga daerah itu menjadi wilayah penyebaran Covid-19 terbesar dengan adanya Klaster Jemaah Tabligh Akbar. Dengan demikian, diharapkan segera bisa dipetakan terjadinya infeksi dan transmisi.

”Kami terus komunikasikan dengan Pemerintah Pusat terkait masalah-masalah yang dihadapi di DIY. Salah satunya soal klasterklaster baru seperti Tabligh Akbar yang baru-baru ini menjadi salah satu ajang penularan Covid-19. Karena lonjakan kasus di DIY disebabkan adanya dua klaster penyebaran Covid 19. Kalau rapid test dilakukan, bisa saja jumlahnya meningkat karena yang sebelumnya belum diperiksa jadi diketahui reaktif atau tidak,” kata Wakil Sekretariat Gugus Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana.

Menurut Biwara, dalam upaya penanggulangan Covid-19 di DIY, Pemerintah menekankan agar masyarakat jangan sampai terpapar virusnya, dan terkapar ekonominya. Dengan prinsip tersebut, diharapkan langkah penanganan Covid-19 tetap mampu memberi keamanan dan kenyamanan bagi masyarakatnya.

Untuk itu DIY berupaya menjaga masyarakat agar tidak sampai tertular Covid-19, namun roda ekonomi juga tetap berjalan. Sebab apabila ekonomi dibiarkan lumpuh, nantinya akan berdampak sangat buruk bagi masyarakat. Bahkan dampak tersebut disinyalir jauh lebih buruk daripada penularan Covid-19.

BERITA REKOMENDASI