Tiga Mahasiswi Kedokteran Hewan Undana ‘Ngilmu’ di GL Zoo

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Tiga mahasiswi dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Nusa Tenggara Timur (NTT) yang baru saja menyelesaikan jenjang sarjana S1 bidang Kedokteran Hewan melakukan praktek kerja di Gembiraloka Zoo (GL Zoo) hingga 16 Desember mendatang. Mereka akan membantu para dokter kebun binatang untuk mengecek kesehatan hewan setiap hari.

Nur Aini, Steffanie dan Febrina D.Manggas merupakan tiga calon dokter muda yang berkesempatan menimba ilmu langsung di GL Zoo ini. Nur Aini, bahkan mengaku sangat antusias bisa magang di GL Zoo yang memiliki diversitas hewan cukup banyak.

"Di sini ada unta yang di wilayah kami tidak ada. Jadi bisa belajar bagaimana menangani hewan yang sedang sakit karena unta di GL Zoo ternyata sedang mengalami pembengkakan leher. Sangat menantang dan benar-benar memberikan pengalaman baru," ungkapnya Kamis (1/12/2016).

Menurut Aini, selama ini mereka hanya berpraktek melakukan pengawasan kesehatan dan pemeriksaan pada hewan-hewan peliharaan yang ada di NTT, namun di GL Zoo mereka bisa bertemu hewan liar yang tak bisa setiap saat ditemui. "Ada harimau yang bisa kami pantau bahkan penguin yang memiliki karakter sangat berbeda dengan hewan tropis, kami bisa observasi dengan bantuan dokter hewan di GL Zoo, menambah ilmu kami," imbuhnya.

Sebelum mengikuti program magang profesi di GL Zoo ini, ketiganya telah menjalani proses pendahuluan di lokasi penangkaran rusa di Kupang. Tak hanya itu, mereka juga ikut program lanjutan di Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Denpasar, BBIB Singosari Malang, dan Boyolali. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI