Tiga Melati Ada di Pundak Anny Pudjiastuti

KEGEMBIRAAN Anny Pudjiastuti tak dapat disembunyikan. Wajah polisi wanita (polwan) yang pernah menjadi kondektur bus ini, tampak sumringah. Senyum terus mengembang usai mengikuti upacara korps kenaikan pangkat di halaman Mapolda DIY, Rabu (31/8/2016).

Pagi  itu menjadi hari spesial baginya, karena satu-satunya personel Polda  DIY  yang  mendapatkan kenaikan pangkat. Kini, tiga bunga melati yang menandakan pangkat Komisaris  Besar  (Kombes), melekat di pundak Anny.

Dipimpin langsung Kapolda DIY Brigjen Pol Prasta Wahyu Hidayat, Anny resmi menyandang  pangkat  Kombes mulai Kamis (1/9/2016). Pangkat yang diberikan Presiden Joko Widodo itu, menjadi kado istimewa baginya  menjelang  purna  tugas Desember  mendatang. Apalagi, pangkat Kombes disandang bertepatan dengan HUT ke-68 Polwan.

”Pangkat polwan paling tinggi di Yogya adalah Kombes dan ini yang pertama kali. Hadiah   bagi   polwan yang berprestasi luar biasa dan mengabdi selama 32 tahun tanpa cela. Hingga mendekati akhir tugas masih tetap  semangat bekerja. Semua anggota utamanya polwan, agar bisa  meniru semangat dan etos kerjanya,” ujar Kapolda.

Delapan  tahun  menjabat Kabid Humas Polda DIY, menjadikan Kombes Pol Anny Pudjiastuti   SSos MSi ini, bersentuhan langsung dengan masyarakat dan media. Menjadi polwan dengan pangkat paling tinggi di Polda DIY, siapa sangka dulu Anny adalah seorang kondektur bus.

Tahun 1975, Anny yang saat itu sedang Sekolah Pendidikan Guru (SPG) di Pati Jawa Tengah, menjalani pekerjaan sampingan sebagai kondektur bus. Faktor ekonomi, menjadikannya bertahan menjadi kondektur bus selama 3 tahun.  

”Saat itu orangtua  tidak tahu kalau saya nyambi kondektur  bus,  setahu  mereka hanya sekolah. Sengaja saya sembunyikan agar orangtua tidak sedih. Bagi saya, pekerjaan  apapun  asalkan  halal akan  saya  jalani,”  ujar ibu dari dua putra ini.

Keinginannya menjadi anggota Polri, muncul saat ia kuliah semester dua di  IKIP Semarang. Setelah menjalani serangkaian tes, tahun 1979 ia  diterima  sebagai  anggota Polri dan mendapatkan ranking   kedua   dalam   seleksi Polwan  se  Indonesia.  Dinas pertama, Anny langsung dipercaya   sebagai asisten pribadi Kapolda Metro Jaya.

Berbagai kesatuan, pernah ditempatinya di sejumlah Polda. Mulai dari polwan di kesatuan lalulintas, bimbingan masyarakat (Binmas) hingga  reserse,  dijalani Anny. Selama  15  tahun,  ia juga dipercaya  menjadi  anggota DPRD Martapura utusan TNI/Polri.  

Menjadi Kabid Humas Polda DIY sejak 2007 dengan pergantian 10 kapolda, suka dan duka sudah dilakoninya. ”Lelah dan capek itu manusiawi.  Namun  ketika  pesan kamtibmas   sudah   tersampaikan  ke  masyarakat,  ada kepuasan  batin  yang  tidak bisa diukur dengan apapun,” tandasnya. (Ayu/*)

BERITA REKOMENDASI