Tiga Pedangdut Cantik Asal Yogya yang Sukses Menggoyang Panggung Ibukota

Editor: Ivan Aditya

YOGYA selalu melahirkan seniman-seniman berbakat dalam berbagai bidang, tak terkecuali mereka yang bergelut dalam musik. Sebut saja grup band Jikustik, Shiela On 7, Letto, The Rain, Endank Soekamti hingga Seventeen. Atau nama-nama seperti Kunto Aji maupun penyanyi gaek sekelas Ebit G Ade yang merintis karir solonya dari Kota Gudeg ini.

Itu pula yang terjadi dalam belantika musik dangdut. Beberapa pedangdut asal Yogya telah sukses menggoyang panggung ibukota dan perlahan meniti tangga ketenarannya. Tak hanya bermodal cantik serta seksi belaka, namun vocal mereka memang benar-benar wahid untuk bertarung di gemerlapnya dunia musik dangdut tanah air.

Diantara mereka ada yang memang merintis karir dari nol lewat pentas dari panggung ke panggung, namun ada pula meraih sukses berawal ajang pencarian bakat. Berikut pedangdut-pedangdut Yogya yang kini telah sukses merebut hati panggung ibukota.

1. Yuyun Wida

Untuk panggung hiburan dangdut Yogya, nama Yuyun Wida memang terdengar asing dan tidak sepopuler pedangdut lain yang telah beken sebelumnya. Maklum saja, penyanyi bernama asli Tri Widadi Rahayu tersebut lebih banyak berkiprah di gelaran-gelaran dangdut ibukota.

Bisa dibilang Yuyun Wida merupakan ‘Ratu Dangdut Ajang Pencarian Bakat’. Berbagai audisi serta kontes dangdut diikutinya dan hasilnya pun juga tak main-main, berbagai gelar juara disabetnya hingga menjadikan seorang Yuyun Wida sebagai seorang debutan yang patut diperhitungkan.

Kesuksesan Yuyun Wida dimulai tahun 2004 saat ia mengikuti ajang ‘Dangdut Mania Dadakan’, kala itu predikat sebagai juara 3 diraihnya. Setahun kemudian ia kembali bertarung dalam kontes serupa bertajuk ‘Seleb Dut’ dan masuk hingga tahap dua belas besar.

Lahir di Banjarnegara 28 tahun lalu, Yuyun Wida memilih hijrah dari kota asalnya ke Yogya pada tahun 2009 untuk memulai merintis karir di dunia dangdut. Di kota ini pedangdut berbibir seksi tersebut melanjutkan studinya sebagai mahasiswi di salah satu sekolah tinggi kesehatan dan memilih menetap hingga kini di kawasan Pleret Bantul.

Pada Agustus 2018 silam Yuyun Wida kembali menjajal peruntungannya dalam kontes pencarian bakat ‘Bintang Dangdut Pantura 5’. Kesempatan itu tak disia-siakan pedangdut yang dinaungi bintang Virgo ini untuk menunjukkan kebolehannya.

Dalam ajang ini Yuyun Wida bersama 155 kontestan lainnya bersaing untuk menjadi bintang dangdut yang sebenarnya. Satu persatau para kontestan berguguran dan tereliminasi. Penampilan Yuyun Wida yang memukau ternyata berhasil mencuri perhatian para dewan juri sehingga ia mampu terus bertahan serta memulangkan peserta-peserta lainnya.

Namun langkah Yuyun Wida harus terhenti sebelum ia berhasil memenangkan ajang dangdut bergengasi ini. Ia dipaksa angkat koper duluan saat para kontestan hanya tinggal menyisakan delapan peserta saja.

BERITA REKOMENDASI