Tiga Ruas Jalan Bakal Dibuat Satu Arah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Direncanakan tiga ruas jalan di wilayah Kota Yogyakarta yaitu Jalan Mataram, Jalam KH Dahlan dan Jalan Letjen Suprapto dibuat satu arah pada malam tahun baru. Rekayasa lalu lintas itu sebagai pengalihan arus akibat penutupan Malioboro.

Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Dwi Prasetyo menjelaskan Malioboro akan dimulai disterilkan, Senin (31/12/2018) sekitar pukul 15.00. Kemudian ditargetkan, sekitar pukul 17.00, sudah tidak ada kendaraan yang parkir maupun keluar Malioboro.

"Sirip-sirip Malioboro akan ditutup sejak sore. Untuk itu, masyarakat yang mempunyai keperluan di Malioboro supaya menyesuaikan diri. Karena setelah pukul 17.00, kendaraan sudah tidak bisa keluar masuk Malioboro," jelas Kasatlantas.

Dengan adanya penutupan Malioboro, tentunya akan berdampak kepadatan arus lalu lintas di daerah penyangga. Satlantas Polresta Yogyakarta rencanya merekayasa lalu lintas di Jalan Mataram hingga simpang empat Gondomanan dibuat arah ke selatan. Untuk Jalan KH Dahlan dibuat satu arah ke barat. Sedangkan Jalan Letjen Suprapto satu arah ke utara.

"Jalur satu arah ini untuk pengalihan arus kendaraan efek penutupan Malioboro. Tujuannya untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas pada malam tahun baru," ujarnya.

Untuk pemberlakuan satu arah ini akan melihat situasi lapangan. Ketika lalu lintas sekitar sudah padat, arus lalu lintas akan diterapkan satu arah.

"Diperkirakan waktu pemberlakuan satu arah situasional diperkirakan mulai pukul 19.00 WIB. Sekitar jam itu kendaraan kemungkinan sudah padat," ujarnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI