Tiga Sekda Jadi Plh Bupati Hingga Akhir Februari 2021

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menunjuk tiga Sekretaris Daerah (Sekda) yaitu Bantul, Sleman dan Gunungkidul sebagai pelaksana harian (Plh) bupati di daerahnya masing-masing. Adapun ketiga orang yang ditunjuk sebagai Plh Bupati adalah Sekda Sleman Harda Kiswoyo, Sekda Bantul Helmi Jamharis, dan Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono. Penunjukan yang dituangkan dalam penyerahan surat keputusan (SK) tersebut dilakukan menyusul masih kosongnya jabatan Bupati di tiga kabupaten tersebut. Mereka (Plh Bupati) akan bertugas hingga bupati terpilih dilantik.

“Penunjukan Plh bupati ini menindaklanjuti kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memutuskan untuk menunda pelantikan bupati/walikota terpilih yang masa kepemimpinannya berakhir pada 17 Februari 2021. Karena tidak boleh terjadi kekosongan, jadi akhirnya diputuskan Sekda ditunjuk menjadi Plh bupati.? Karena memang sudah ada aturannya membolehkan, Plh bupati dari sekda setempat,” kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji di Bangsal Kepatihan, Rabu (17/2).

Baskara Aji mengungkapkan ?penundaan pelantikan bupati terpilih disebabkan karena Mahkamah Konstitusi (MK) masih berupaya menangani sengketa Pilkada 2020.Rencananya pembacaan putusan sengketa Pilkada direncanakan baru dilakukan akhir Maret. Namun untuk proses pelantikan kepala daerah terpilih tetap akan dilaksanakan secara bertahap. Meski untuk pertama diagendakan pada akhir Bulan Februari 2021, yang diikuti oleh daerah-daerah yang tidak ada sengketa hasil pemilihan termasuk DIY, tapi pihaknya belum bisa memastikan. Jadi masih menunggu kebijakan atau kepastian dari pusat.

“Memang kalau dilihat surat terbaru yang kami terima dinyatakan,? bagi Provinsi yang tidak ada sengketa akan dilakukan pelantikan pada akhir bulan Februari. Tapi akhir bulan Februarinya kapan kita belum dapat surat dari Kemendagri. Karena tidak boleh ada kekosongan di kabupaten. Jadi selama belum ada bupati definitif harus ada Plh bupati,”terangnya.

BERITA REKOMENDASI