Tiga Suplier Ikan Asal Gunungkidul Positif Covid Usai Perjalanan dari Semarang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga warga Gunungkidul yang berprofesi sebagai suplier ikan diketahui positif Covid-19, Sabtu (06/06/2020) setelah hasil uji swabnya keluar. Ketiganya memiliki riwayat perjalanan dari Semarang dan masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih menyebut tiga pasien positif warga Gunungkidul diketahui dari hasil tracing dari Dinas Kesehatan setempat. Ketiganya diketahui memiliki riwayat perjalanan Semarang-Yogyakarta untuk menjalankan pekerjaan sebagai suplier ikan.

“Ketiganya merupakan OTG dan didapatkan dari hasil tracing Dinkes Gunungkidul. Mereka tercatat sebagai Kasus 241 : Laki-laki (27), Kasus 242 : Laki-laki (35) dan Kasus 243 : Laki-laki (34),” ungkap Berty.

Selain tiga warga Gunungkidul tersebut, hari ini DIY juga mencatat satu tambahan kasus positif dari Kabupaten Kulon Progo yakni seorang laki-laki (23) yang memiliki riwayat pulang dari Tangerang pada 30 Mei lalu. “Pasien ini OTG, begitu datang langsung rapid test, reaktif dan dilanjut uji swab PCR yang hasilnya positif. Menurut informasi Dinkes Kulon Progo, dia kembali karena di-PHK,” sambung Berty.

Adanya tambahan 4 kasus positif hari ini membuat kumulatif DIY menjadi 242 kasus. Angka kesembuhan sendiri terus mengalami kenaikan menjadi 179 kasus setelah hari ini ada 4 pasien yang dinyatakan sembuh.

“Ada empat kesembuhan yang terkonfirmasi hari ini yakni Kasus 183 : Perempuan (27) warga Gunungkidul, Kasus 185 : Perempuan (44) warga Sleman, Kasus 189 : Laki-laki (27) warga Kulon Progo dan Kasus 211 : Laki-laki (43) WNA India. Kesembuhan secara kumulatif menjadi 179,” ungkapnya.

Dari data tersebut, saat ini tercatat total 242 kasus positif di DIY, di mana 179 sembuh, 8 meninggal dunia dan 55 masih menjalani perawatan. Laporan kematian PDP dalam proses laboratorium terkonfirmasi satu hari ini yakni balita Laki-laki (1) warga Kota Yogya dengan komorbid kanker usus, pasca operasi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI