Tim Monitoring Siap Diterjunkan

YOGYA (KRjogja.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY bakal menerjunkan tim monitoring harga  dan stok komoditas pangan ke lapangan serentak menghadapi libur akhir tahun 2016 ini. Selain itu, mewaspadai gejolak harga volatile food agar tidak terjadi lonjakan harga yang terlalu tinggi maupun kelangkaan nantinya.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian Dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda DIY, Sugeng Purwanta mengatakan melalui mekanisme biro maupun Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY akan melakukan monitoring harga dan stok komoditas pangan ke lapangan serentak pada Desember 2016. Monitoring yang melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pertanian (Distan), Badan Urusan Logistik (Bulog) dan dinas terkait  ini akan melihat harga dan stok komoditas pangan menghadapi momentum liburan akhir tahun 2016.

"Kami telah berkoordinasi dan melakukan pengawasan harga maupun pasokan komoditas pangan pokok serta siap apabila sewaktu-waktu harus menggelar operasi pasar (OP) dan pasar murah," ujar Sugeng kepada KRjogja.com, Jumat (25/11).

Sugeng menuturkan gejolak harga yang perlu diwaspadai yaitu volatile food dimana stoknya harus aman dan cukup sampai Januari 2017. Termasuk ketersediaan pasokan beras, daging, telur ayam, gula pasir dan sebagainya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI