Tim Pendidikan Bahasa Inggris UAD Adakan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Project untuk Guru

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan pelatihan pembelajaran bahasa Inggris berbasis project. Pelatihan ini dihubungkan dengan usaha untuk mengembangkan karakter islami siswa di masa pandemi Covid-19 bagi guru Bahasa Inggris SD Muhammadiyah se-kota Yogyakarta.

Tim terdiri dari Soviyah, S.Pd., M.Hum. dan Nur Fatimah, S.Pd., M.Hum. Dukungan diperoleh dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UAD dan mitra utama PDM Kota Yogyakarta. Melalui keduanya tim pengabdian kepada masyarakat dari PBI UAD mengadakan pelatihan untuk para guru Bahasa Inggris SD Muhammadiyah. Pertemuan awal (17/06/2021) diadakan dengan beberapa perwakilan guru bahasa Inggris dari SD Muhammadiyah Kleco.

Pada kesempatan itu ketua tim PPM PBI UAD Soviyah, S.Pd., M.Hum., menyoroti fenomena pembelajaran online yang cenderung worksheet/textbook based dan kurang menarik dan kurang komunikatif. Selain itu, pembelajaran yang seperti tersebut juga kurang mendukung terlaksananya proses pengembangan karakter siswa.

“Pembelajaran berbasis project mendorong siswa untuk belajar mengembangkan berbagai karakter positif dalam diri mereka termasuk karakter islami,” ujar Sovi.

Dengan fitur seperti tersebut, adanya pembelajaran berbasis project untuk mengembangkan karakter islami siswa akan bisa mengatasi permasalahan yang ada di kalangan guru Bahasa Inggris di lingkungan SD Muhammadiyah Kota Yogyakarta.

Sandy Syapriyuda, S.IP, S. Pd., M.Pd. selaku Guru SD Muhammadiyah Kleco menyambut baik pengabdian tim PBI UAD ini. PPM terkait pembelajaran online berbasis project untuk mengembangkan karakter islami siswa di masa pandemi Covid-19 bagi guru Bahasa Inggris SD Muhammadiyah se-kota Yogyakarta, sesuai juga dengan program sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dengan mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif.

“Saya berharap realisasi dari kegiatan PPM ini bisa didiseminasikan ke pembelajaran di luar mata pelajaran Bahasa Inggris,” kata Pemerhati Bidang Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak SD ini.

Sovi menuturkan, pelaksanaan dan pendampingan direncanakan berlangsung akhir Juni 2021 setelah berakhirnya semester genap dalam kalender akademik SD sekaligus persiapan para guru untuk penyelenggaraan pembelajaran pada semester berikutnya.

“Dampak yang diharapkan dari program PPM ini adalah diharapkan guru Bahasa Inggris SD Muhammadiyah di lingkungan PDM Kota Yogyakarta akan memiliki pengetahuan tentang pembelajaran online berbasis project untuk mengembangkan karakter islami siswa di masa pandemi Covid-19,” ungkapnya. (*)

UAD

BERITA REKOMENDASI