Tim Persiapan Pembangunan Tol DIY Rampungkan Validasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Persiapan Pembangunan Jalan Tol di DIY sedang merampungkan validasi dari hasil sosialisasi publik kepada warga yang terlewati Jalan Tol Segmen Yogya – Solo. Selanjutnya dilakukan konsultasi publik pada awal Maret 2020, kemudian penyusunan Izin Penetapan Lokasi (IPL) atau Penetapan Lokasi (Penlok) setelah April 2020 untuk pembangunan Jalan Tol Trase Yogya-Solo.

“Kami sudah menyelesaikan validasi data setidaknya 90 persen dari Desa Bokoharjo Prambanan, Tamanmartani dan Purwomartani Kalasan. Kita sudah menemukan data-data sembari pararel menyelesaikan beberapa desa untuk mengecek kembali keakurasian terhadap kepemilikan tanah,” ujar Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PTR) atau Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana DIY Krido Suprayitno.

Krido mengatakan, secara pararel, sesudah sosialisasi akan menjadwalkan kembali sosialisasi Jalan Tol Segmen Yogya-Solo di Desa Tirtoadi dan Tlogoadi Mlati Sleman. Pihaknya sudah merampungkan sosialisasi di Desa Purwomartani, Selomartani, Tamanmartani dan Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, disusul validasi data. Sebab banyak yang sudah berganti kepemilikan tanah sehingga perlu validasi data agar tepat sasaran.

“Kami ingin validasi data benar-benar diselesaikan guna menuju tahapan konsultasi publik mulai awal Maret 2020. Konsultasi publik ini adalah hasil dari sosialisasi sehingga jangan sampai salah mengundang pemilik tanah untuk meminimalisasi risiko,” katanya.

Tim juga menurunkan Satgas Lapangan untuk mempersiapkan konsultasi publik agar orang perorang pemilik tanah memberikan pernyataan terhadap kerelaan dilewati jalan tol. Penyelenggaraan konsultasi publik ini juga paralel dengan sosialisasi ke desa yang belum dilakukan sosialisasi publik yaitu Desa Tirtoadi dan Tlogoadi Mlati, khusus Jalan Tol Trase Yogya-Solo pekan depan. (Ira/Ria)

Tol

BERITA REKOMENDASI