Tim PPM UAD Beri Pelatihan Budidaya Vertikultur

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGA.com – Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang terdiri dari 1 dosen yaitu Haris Setiawan SPd M.Sc dengan 6 mahasiswa dari program studi Biologi dan Pendidikan Biologi mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Wirobrajan, Kemantren Wirobrajan Yogyakarta, Minggu (28/11/2021) lalu. Kegiatan dilaksanakan berlokasi di sekitaran Masjid Ar Rafan, Wirobrajan, Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan pelatihan mengenai budidaya vertikultur tanaman sayur dan pembuatan pupuk organik cair yang berkolaborasi dengan ibu-ibu PKK di RW 10, 11, dan 12 Kelurahan Wirobrajan.

Haris Setiawan selaku dosen menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan warga bercocok tanam, terutama di wilayah kota yang padat penduduk dan minim lahan. “Warga sebanyak 11 orang dengan protokol kesehatan terlihat sangat antusias melakukan pelatihan tersebut,”ujarnya, Selasa (30/11/2021).

Menurut Risma Zakiyah Shohari selaku Tim dari mahasiswa, menyebutkan, sampah organik yang berupa sisa makanan dapat diolah dengan baik menjadi pupuk organik dan dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi pada budidaya tanaman vertikultur. Dengan adanya vertikultur masyarakat dapat melakukan budidaya tanaman sayur sperti kangkung, atau bahkan tanaman hias tanpa pusing memikirkan luas lahan yang digunakan ujar Iswarijal selaku peserta pelatihan.

Kegiatan dilakukan dengan praktik secara langsung menggunakan bahan-bahan yang sudah disediakan seperti EM4, sampah dari limbah rumah tangga, gula, dan botol yang digunakan untuk membuat pupuk. Untuk membuat pot vertikultur cukup menggunakan botol plastik bekas, paku dan tali tambang yang cukup mudah di dapatkan. Adapun harapan dari kegiatan ini adalah masyarakat Wirobrajan dapat memanfaatkan limbah rumah tangga secara maksimal dengan budidaya tanaman secara vertikultur dan dapat membuat pupuk secara mandiri menggunakan sampah organik yang berasal dari limbah rumah tangga. (Jay)

BERITA REKOMENDASI