Timbul Raharjo Bakal Pamerkan 100 Karya Seni

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Seniman kondang Timbul Raharjo bakal menampilkan 100 karya seninya dalam pameran tunggal yang akan digelar di Taman Budaya Yogyakarta, Jumat (28/06/2019). Dalam pameran bertajuk ‘Me, Myself & I’ ini, dari 100 karya seni yang bakal ditampilkan 40 karya diantaranya berwujud dua dimensi (lukisan) dan 60 karya lainnya berupa tiga dimensi (kriya, patung).

Timbul Raharjo mengatakan pemeran yang memajang karya seninya ini digelar untuk kedua kali, setelah sebelumnya pada tahun 2017 dilaksanakna di Jogja Gallery. Setiap dua tahun sekali Timbul Raharjo telah berkomitmen untuk menggelar pameran tunggal sebagai bentuk representasi diri kepada masyarakat.

“Ini merupakan karya seni yang dibuat dalam dua tahun terakhir ini, setelah itu hasil karya tersebut akan dipamerkan. Jadi setiap dua tahun sekali rutin hasil karya yang telah dihasilkan akan dipamerkan,” ungkap Timbul Raharjo di TBY, Senin (24/06/2019).

Dalam berkarya Timbul Raharjo mencoba mengeksplorasi diri untuk tetap kreatif menciptakan karya seni dengan ide maupun teknik yang relatif baru. Untuk mewujudkannya ia juga selalu menyempatkan diri berkeliling dunia guna melihat karya seni dari seniman-seniman besar di berbagai negara.

“Tujuan saya untuk mencari ‘positioning’, datang ke sana melihat tren kemudian menentukan dimana ‘positioning’ untuk mencari celah yang ada. Kalau tren seperti ini, maka saya harus mencari hal yang berbeda,” tambahnya.

Timbul Raharjo menegaskan karya-karya ciptaannya telah mendapat sertifikat hak atas kekayaan intelektual. Sengaja ia mematenkan hasil seni yang diciptakannya itu agar karya-karyanya tak ditiru dan publik bisa menghargai mahalnya nilai suatu karya seni.

Hasil seni yang bakal dipamerkan mendatang,  untuk tiga dimensi Timbul Raharjo mengandalkan karya patung yang ia beri nama ‘Mustang’. Hasil karyanya ini telah mendapat pengakuan dengan memperoleh penghargaan saat pameran di Amerika. Sedangkan untuk karya lukis ia menggadang-gadang lukisan berjudul ‘Angel’ bakal memukau mata para pengagum seni.

Pameran ‘Me, Myself & I’ rencananya bakal dibuka langsung oleh Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Restu Gunawan. Pameran digelar selama sepuluh hari dan berakhir pada Minggu (07/07/2019) mendatang. (Van)

BERITA REKOMENDASI