Tingkatkan Kesejahteraan Guru Non-PNS

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Komisi A DPRD DIY mendukung langkah Pemda DIY memberikan peningkatan kesejahteraan bagi guru non-PNS melalui kenaikan jumlah insentif. Selain itu berkomitmen mendukung Pemda DIY memberikan beasiswa bagi para guru.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto pada Forum Diskusi bertema Peningkatan Kesejahteraan dan Kualitas ASN & Guru, Jumat (15/02/2019) di DPRD DIY. Diskusi menghadirkan narasumber Mulyati Yuni Praptiwi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY serta Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Poniran.

Elo Suwanto, Sabtu (16/02/2019) menjelaskan,  diskusi dengan para guru dan ASN dilingkungan Pemda DIY ini untuk mendengarkan aspirasi sekaligus menegaskan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan, kualitas dan kompetensi guru dan ASN di lingkungan Pemda DIY.

Dijelaskan, saat ini terdapat 85 ASN Pemda DIY memperoleh beasiswa melanjutkan jenjang pendidikan dari SMA ke S1. “Sebenarnya beasiswa S3 sudah ada tetapi belum banyak yang ambil,” kata dia.

Untuk itu, dia mendukung kualitas guru juga perlu ditingkatkan melalui kursus maupun pemberian beasiswa dari S1 ke S2 sesuai dengan peraturan yang berlaku. Memang, beban untuk kuliah lagi cukup berat, ibarat berada di kawah candradimuka, namun apabila sudah S2 maka kenaikan karier berikutnya relatif mudah.

Hanya saja dia berpesan, pemberian beasiswa bagi guru dan pegawai Pemda itu jangan mepet pensiun, misalnya setahun menjelang pensiun. BKD DIY juga memiliki program kewirausahaan untuk mereka yang siap memasuki masa pensiun. (Bro)

BERITA REKOMENDASI