Tingkatkan Keselamatan Nelayan, DKP DIY Pasang Perangkat Teknologi AIS

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Kelautan dan Perikanan DIY kerjasama dengan PTE BPPT dengan pengujian atau Proof of Concept (PoC) pemanfaatan hasil inovasi teknologi PTE BPPT yaitu Automatic Identification System (AIS) Transceiver kelas B Camar. Pada 29-30 September 2021 telah dilaksanakan instalasi infrastruktur PoC AIS BPPT berlokasi di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Sadeng DIY yakni memasang AIS transceiver Kelas B Camar di Kapal Motor Restu Putra, instalasi APP aplikasi navigasi, pemasangan antenna di tower, perangkat BTS AIS BPPT dan AIS Monitoring BPPT.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Ir Bayu Mukti Sasongka MSi mengatakan, tujuan pemanfaatan teknologi AIS Camar BPPT adalah untuk meningkatkan keselamatan transportasi pelayaran dan peningkatan kesejahteraan nelayan di wilayah DIY.

Ditemui di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Rabu (8/12/2021) Bayu menjelaskan, dengan dipasangnya teknologi pemantauan tersebut, nelayan dapat secara aman menangkap ikan di tengah laut sehingga hasil produksi perikanan tangkap juga akan meningkat sekaligus dapat memaksimalkan pasokan kebutuhan konsumsi ikan di DIY.

“Tujuan dari pemanfaatan teknologi AIS Camar BPPT untuk meningkatkan keselamatan transportasi pelayaran nelayan dan upaya peningkatan kesejahteraan nelayan di wilayah DIY,” ujar Bayu.

BERITA REKOMENDASI